Bagian-bagian pada Area Miccrosoft access 2013 Beserta fungsinya.

Bagian-bagian pada Area Miccrosoft access 2013 Beserta fungsinya.

1)    Tab File
Menu-menu yang terdapat pada Tab File diantaranya:
•    Info
Pada menu Info terdapat dua pilian, yaitu compact & Repair yang berfungsi untuk mengecilkan ukuran file dan memperaiki kerusakan file, dan Encrypt with passwaord yang berfungsi untuk melindungi file dengan password dan mengenkripsi data.
•    New “CRTL+N”
Digunakan untuk membuat file database baru atau area kerja baru.. Pada menu New tersedia dua pilihan, Blank dekstop database/membuat database kosong dan Custom webb app/membuat dengan template.
•    Open“CRTL+O”
Menu open digunakan untuk membuka file yang pernah dibuat sebelumnya.
•    Save“CRTL+S”
Save digunakan untuk menyimpan perubahan objek yang sedang aktif atau sedang kita buka, baik table, fform, query, repport, macro, maupun madule.
•    Save As
Save As digunakan unuk menyimpan kembali objek/file yang sudah di edit tanpa mengubah file aslinya,  Save As juga digunakan untuk menyimpan objek ke format yang berbeda.
•    Print “CRTL+P”
Menu print digunakan untuk mencetak objek/file yang sedang kita buka
•    Close
Untuk menutup file Microsoft Access/keluar dari lembar kerja..
•    Account
Menu Account menyediakan pilihan untuk dapat mengatur tema pada Office. Di menu ini juga terdapat informasi  status aktif tidaknya office yang digunakan serta informasi tentang Microsot Access.
•    Options
Options digunakan untuk menampilkan menu Access Options pada area kerja Ms Access

2)    Tab Home
                                                          Tampilan Tab Home
Menu-menu yang terdapat pada Tab Home diantaranya:
•    Views
Pada grup Views hanya ada satu ikon, yaitu View. Ikon view menyediakan 2 pilihan, yaitu Database View dan Design View.
•    Clipboard
Grup Clipboard menyediakan fasilitas untuk operasi Ckipboard, yaitu cut (untuk memindahkan objek), copy (menyalin/copy objek), format painter, dan paste (menempelkan/meletakkan objek).
•    Sort & Filter
Grup Sort & Filter menyediakan fasilitas untuk mengurutkan dan memfilter data yang ada di table, query atau form yang sedang biduka.
•    Records
Grup Records menyediakan fasilitas untuk operasi records pada table atau query, di antaranya refresh All, New, delete, save, spelling, dan tombol More yang berisi pilihan Row Height, Hide Fields, Unhide, Freezee Fields, Unfreeze Fields, dan Fielsd Width.
•    Find
Pada grup ini tersedia tombol pilihan untuk:
o    Find untuk menemukan kata/angka-angka tertentu pd objek yang sedang dijalankan
o    Reflace untuk mengganti kata/angka-angka tertentu pd objek yang sedang dijalankan, misalnya mengganti semua kata “Fikom16” menjadi “Fikom17”.
o    Go To untuk memindahkan pointer ke Awal dan atau ke akhir baris secara cepat
o    Select untuk menyeleksi sebagian atau seluruh objek
•    Text formating
Grup text formating menyediakan fasilitas untuk mengatur:
o    Font/jenis font
o    font size/ukuran font
o    font color/warna font
o    Alignment/perataan text
o    Bold untukmenebalkan text
o    Italic untuk membuat text miring/italic
o    Underline untuk menggaris bawahi text/tulisan
o    Background Color untuk mengubah warna Background
o    Gridlines, dan
o    Cell Effect.

3)    Tab Create
 
                                                    Tampilan Tab Create
•    Templates
Grup Templates menyediakan  pilihan untuk membuat form dari template yang disediakan Ms Access.
•    Tables
Terdapat 3 ikon di grup ini, diantaranya:
−    Table, digunakan untuk membuat tabel baru dengan cars langsung mengisi data.
−   Table Design, digunakan untuk membuat tabel dengan menentukan bidang-bidangnya terlebih dahulu sebelum memasukkan data ke dalam tabel.
−    SharePoint Lists, untuk berbagi data ke server SharePoint.
•    Queries
Terdapat 2 pilihan pd grup ini, diantaranya:
−    Query Wizard, digunakan untuk membuat query menggunakan wizard atau langgkah-langkah yang dipandu oleh Ms Access.
−    Query Design, digunakan untuk membuat query secara manual.
•    Forms
−    Form, digunakan untuk membuat form secara otomatis.
−    Form Design, yaitu untuk membuat form secara.
−    Blank Form, atau form kosong digunakan untuk membuat form kosong.
−    Form Wizard, digunakan untuk membuat form yang dipandu oleh Ms Access.
−    Navigation, digunakan untuk membuat navigation form.
−    More From, menampilkan pilihan membuat Multiple Item Form, Datesheet, Split Form, Modal Dialog, PivotChart, dan atau PivotTable.
•    Reports
Terdapat 5 pilihan pd grup ini, diantaranya:
−    Report, digunakan untuk membuat laporan secara langsung dari objek tabel atau query yang dipilih.
−    Report Design, digunakan untuk mendesain laporan secara manual.
−    Blank Report, digunakan untuk mendesain laporan kosong.
−    Report Wizard, digunakan uuntuk membuat laporan yang dipandu oleh Ms Access.
−    Labels, digunakan untuk membuat label dari data tabel atau data query.
•    Macros & Code
Terdapat 4 pilihan pd grup ini yang masing-masing memiliki kegunaan/fungsi, 4 pilihan tersebut ialah:
−    Macro, digunakan untuk membuat macro.
−    Module, digunakan untuk membuat module.
−    Class Module, digunakan untuk membuat class module.
−    Visual Basic, digunakan untuk membuat kode Visual Basic.


4)    Tab External Data
 
                        Tampilan External Data

•    Import & Link
Terdapat 8 pilihan pd grup ini, 8 pilihan tersebut ialah:
−    Saved Imports digunakan untuk mengimpor data yang sebelumnya pernah dilakukan.
−    Linked Table Manager digunakan untuk me-refresh tabel link.
−    Excel digunakan untuk mengimpor data ke tabel data di Excel.
−    Access digunakan untuk mengimpor data baik itu objek table, form, query, macro, maupun module dari file Access lain.
−    ODBC Database digunakan untuk mengimpor data dari database lain.
−    Text File digunakan untuk mengimpor data dari file text.
−    XML File digunakan untuk mengimport data dari file XML ke tabel baru di Access.
−    More digunakan untuk mengimpor data atau mengghubungkan data ke beberapa data sumber, diantaranya SharePoint List, Data Service, HTML Document, Outlook Folder, dan Database File.
•    Export
Terdapat 9 pilihan pd grup ini, 9 pilihan tersebut ialah:
−    Saved Exports digunakan untuk mengekspor data.
−    Excel digunakan untuk mengekspor data dari tabel atau query ke file Excel.
−    Text File digunakan untuk mengekspor data dari tabel atau query ke file Text.
−    XML File digunakan untuk menggekspor data dari tabel atau query ke file XML.
−    PDF or XPS digunakan untuk mengekspor data dari tabel atau query ke file PDS atau XPS.
−    E-mail digunakan untuk mengirim data dari tabel atau query dalam bentuk lamiran (attachment) memulai e-mail.
−    Access digunakan untuk menggekspor data dari tabel atau query ke file Access lain.
−    Word Merge digunakan untuk membuat mail merge dengan Microsoft Word.
−    More ialah pilihan untuk mengekspor data ke file word, SharePoint List, ODBC misalnya ke SQL Server, format HTML, dan Dbase File.
•    Collect Data
Pada gurp ini terdapat 2 pililhan, yaitu:
−    Create E-mail adalah fasilitas untuk menyiapkan form yang akan dikirim lewat e-mail untuk diisi oleh pengguna lain.
−    Manage Replies adalah fasilitas untuk mengelola e-mail balasan.


5)    Tab Database Tools
 
                       Tampilan Tab Database Tools
Terdapat 6 grup pada tab ini, 6 grup itu ialah:
•    Tools
•    Macro
•    Relationships
pada grup Relationships terdapat 2 pilihan, diantaranya:
−   Relationships, digunakan untuk menghubungkan beberapa tabel.
− Object dependencies, digunakan untuk menunjukkan objek-objek dalam database yang menggunakan objek terpilih
•    Analyze
Terdapat 3 pilihan pd grup ini, yaitu Database Documenter, Analyze Performance, dan Analyze Table.
•    Move Date

6) Add-Ins
pada grup ini hanya terdapat 1 pilihan, yaitu Add-Ins

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Budidayakan berkomentar yang baik dan sopan tanpa mengganggu atau menyinggung orang lain. Terima kasih