Nama : SUKADDING
Kls : T.i B
Tugas pak musliadi
soal
1.
jelaskan
tab tab pada microsoft acces
2.
bagaimana
cara merubah penyimpanan microsoft acces ketempat lain
3.
jelaskan
cara bekerja data base microsoft acces
jawaban``
1.
A.TAB FILE
Pada tab file, semua
pilihan yang ada didalamnya meliputi operasi file dan pilihan pengaturan pada
access. Pilihan ditab file terdiri dari:
1. Info
Pada
sub-menu terdapat dua pilihan, yaitu compact dan repair yang berfungsi untuk
mengecilkan ukuran file dan memperbaiki kerusakan file, dan encrypt with
password yang berfungsi untuk melindungi file dengan password dan mengenkripsi
data.
2. New
Untuk
membuat file database baru. Pada menu ini tersedia pilihan untuk membuat database
kosong atau database dari template.
3. Open
Digunakan
untuk membuka file yang pernah dibuat sebelumnya yang tersimpan di komputer
atau media penyimpanan lainnya.
4. Save
Save
digunakan untuk menyimpan perbuhan, tergantung dari objek yang sedang aktif
atau yang sedang kita buka, baik table, form, query, report, macro, maupun
module.
5. Save As
Save As
digunakan untuk menyimpan objek yang aktif atau objek yang dipilih ke format
yang sama atau format yang berbeda dari objek aslinya, misalnya objek table
bisa disimpan ke format table, query, form, atau report.
6. Print
Untuk
mencetak objek yang aktif atau objek yang sedang kita buka.
7. Close
Untuk menutup
file Microsoft Access dan berhenti bekerja dengan aplikasi Microsoft Access
8. Account
Account
berfungsi untuk mengatur tema pada office. Masuk ke akun office dan disitu
terdapat informasi mengenai status aktif tidaknya office yang anda serta
informasi tentang Microsoft Access.
9. Options
Untuk
menampilkan Access Options.
B. Tap Home
Pada tap home terdapat 6 grup antara lain :
1. Views
Pada
grup views hanya ada 1 ikon, yaitu view. Ikon view terdiri dari 4 pilihan,
yaitu Datasheet view, Pivot Table view, PivotChart View, dan Design View.
2. Clipboard
Pada
grup clipboard terdapat fasilitas untuk operasi Clipboard, yaiutu Cut, Copy,
Format, Painter, dan Paste.
3. Sort dan Filter
Pada
grup ini kita dapat menggunakan fasilitas untuk mengurutkan dan memfilter data
yang ada di table atau query atau form yang sedang dibuka.
4. Rekords
Pada
grup ini tersedia tombol-tombol untuk operasi Records pada tabel atau query, di
antaranya Refresh All, New, Delete, Save, Spelling, dan dan tombol More yang
berisi pilihan Row Hieght, Hide Fields, unhide Fields, Freeze Fields, Unfreeze
Fields, dan Fields Width.
5. Find
Pada
grup ini tersedia tombol pilihan Find, Replace, Go To, dan Select.
6. Text Formatting
Pada
grup ini kita dapat mengubah Font, Font Size, Font Color, Alignment, bold,
Italic, Underline, background Color, gridlines, dan Cell Effect.
C.Tab Create
pada tab Create
terdapat 6 grup antara lain:
1. Templates
Grup
ini berisi pilihan untuk membuat form dari tempale
Yang di
sediakan Microsoft Access.
2. Tables
Pada
grup ini terdapat 3 icon, yaitu:
-
Table,
yaitu membuat tabel baru dengan cara langsung mengisi data.
-
Table
design,yaitu untuk membuat tabel dengan menentukan bidang-bidangnya terlebih
dahulu sebelum memasukkan data kedalam tabel
-
Share
Point Lists, yaitu untuk berbagi (share) data ke server sharePoint.
3. Queries
Pada
grup ini terdapat dua pilihan,yaitu :
-
Query
Wizard, yaitu untuk membuat query menggunakan wizard atau langkah-langkah yang
di pandu oleh microsoft access
-
Query desing,yaitu untuk membuat query secara
manual tanpa menggunakan wizer.
4. Form.
Pada
grup ini terdapat 6 pilihan,yaitu :
-
Form,
yaitu untuk membuat form secara otomatis dan langsung ke mode form view. Jika
kita memilih tabel dan mengklik tombol/icon ini, maka secara otomatis microsoft
access akan membuat form sesuai isi file pada tabel
-
Form
design, yaitu untuk membuat form secara manual dan langsung ke mode design
view.
-
Blank
form,yaitu untuk membuat form kosong
dalam mode form view.
-
Form
wizard,yaitu untuk membuat form dengan langkah-langkah yang di pandu oleh
microsoft access
-
Navigation,yaitu
untuk membuat navigation form.
-
More
form,yaitu untuk membuat multiple item form,datasheet , split form,modal
dialoog, pivotchart,atau pivotchart table.
5. Reports
Pada
grup ini terdapat 5 pilihan, yaitu:
-
Report,
digunakan untuk membuat laporan secara langsung dari objek tabel atau query
yang dipilih.
-
Report
Design, digunakan untuk mendesain laporan secara manual.
-
Blank
Report, digunakan untuk membuat laporan kosong untuk dapat digunakan sesuai
laporan yang kita inginkan.
-
Report
Wizard, digunakan untuk membuat laporan dengan cara dipandu oleh Microsoft
Access melalui langkah-langkah dari memulai memilih sumber data sampai dengan
tampilan laporan akhir.
-
Label,
digunakan untuk membuat label dari data label atau data query.
6. Macrus dan Code
Pada
grup ini terdapat 4 pilihan, yaitu:
-
Macro,
digunakan untuk membuat macro.
-
Module,
digunakan untuk membuat module.
-
Class
Module, untuk membuat Class Module.
-
Visual
Basic, untuk membuat kode fisual basic.
D. Tab External Data
Pada Tab External Data hanya terdapat 3 grup, yaitu:
1. Import dan Link
Pada
grup terdapat 8 pilihan, yaitu:
-
Saved
Impors adalah untuk mengimpor data dari proses import data yang sebelumnya
pernah di lakukan.
-
Linked
Table Mananger adalah untuk me-refresh tabel link.
-
Excel
adalah untuk mengimport data atau menghubungkan data ke tabel data di Excel.
-
Access
adalah untuk mengimpor data ( baik objek table, form, query, macro, maupun
module dari file access lain ) dan untuk menghubungkan tabel data dari file
access.
-
ODBC
Database adalah untuk mengimpor data dari database lain ( misalnya SQL Server )
atau untuk menghubungkan tabel ke databese lain ( SQL Server ).
-
Text
File adalah untuk mengimpor data dari file text. Proses import bisa ke tabel
baru atau di tambahkan ke tabel yang sudah ada di access. Bisa juga menghubungkan
tabel file ke text.
-
XML
File, adalah untuk mengimpor data dari file XML ke tabel baru atau access.
-
More,
adalah untuk mengimput atau menghubungkan data ke beberapa sumber, di antaranya
adalah SharPoint List, Data Service, HTML Document, Outlook Folder, dan
Database file.
2. EXPORT
Pada
group ini terdapat 9 pilihan,yaitu:
-
Save
exports adalah untuk mengekspor data yang telah disimpan dengan langkah yang
pernah dilakukan sebelumnya
-
Excel
adalah untuk mengespor data dari table atau query ke file excel
-
Tex
file adalah untuk mengespor data dari tabel atau query ke file text
-
XML
file adalah untuk mengespor data dari tabel atau query ke file XML
-
PDF
or XPS adalah untuk mengespor data dari tabel atau query ke file PDF atau XPS
-
E-mail
adalah untuk mengirim data dari tabel atau query dalam bentuk lampiran
(attachment) melalui E-mail dengan format pilihan exce,text,PDF atau XPS
-
ACCES adalah untuk mengespor data dari tabel atau
query ke file acces lain
-
Word
merge adalah fasilitas untuk membuat mail marge dengan microsoft word
-
More
adalah pilihan untuk mengespor data ke file word,sharepoint list,ODBC misalnya
ke SQL Server,fromat HTML,dan BASE file.
3. Collect Data
Pada grup ini terdapat 2 pilihan, yaitu :
-
Create E-mail Adalah fasilitas untuk menyiapkan
from yang dikirim lewat e-mail untuk diisi oleh pengguna lain.
-
Manager Raplace adalah fasilitas untuk mengelolah
e-mail balasan.
E.
Tab Database Tools
1. Tools
Pada
Group hanya terdapat satu pilihan, yaitu compact and repair database
2. Macro
Pada
group ini terdapat 2 pilihan, yaitu visual basic dan run macro.
3. Relationships
Pada
group relationships terdapat 2 pilihan, yaitu :
-
Relationships,digunakan
untuk menghubungkan beberapa tabel.
-
Object
dependecies, digunakan untuk menunjukkan
objek-objek dalam database yang menggunakan objek terpilih
4. Analyze
Pada
group ini terdapat 3 pilihan untuk operasi analyze, yaitu database documenter,
analyze perfomance,dan alnalyze table
5. Move Data
Pada
group move data hanya terdapat pilihan access database dan sharepoint
6. Add-ins
Pada
group ini hanya terdapat 1 pilihan yaitu add-ins.
Dari Pengenalan bagian-bagian di atas, terdapat bagian-bagian
yang sering digunakan saat membuat database atau aplikasi menggunakan microsoft
access. Bagian-bagian penting tersebut adalah :
-
Tabel, merupakan bagian dari microsoft
access yang berisi database keseluruhan dari tiap kategori. Tabel terdiri dari
beberapa kolom yang disebut field
-
Query, merupakan bagian dari microsoft yang
dapat digunakan untuk menampilkan field-field terntu dari beberapa table. Field
dari beberapa tabel tersebut kemudian dibuat menjadi tabel baru.
-
Form, merupakan bagian dari microsoft
access yang digunakan dalam proses pengimputan data ketabel/database.
-
Report, merupakan bagian dari microsoft
access yang dapat digunakan dalam proses pelaporan database yang dapat dicetak
(print)
JAWABAN
NO. 2
Pertama
Buka Aplikasi Microsoft Access 2013 kemudian klik FILE – OPTIONS Lalu pilih browser di Default database folder kemudian pilihlah tempat yang kamu
inginkan.
JABAWAN NO.3
1. Jenis Data Pada tabel access
Sebelum
membuat table pada database access, anda harus mengetahui jenis data (tipe data
tabel ) pada tabel biasa database access untuk memudahkan dan pembuatan tabel.
Berikut ini adalah pilihan data pada tabel database access
Tipe
|
Keterangan
|
Ukuran
|
Short Text
|
Untuk
menerima berupa text atau kombinasi text dengan angka serta nomor yang tidak
memerlukan perhitungan.
|
Dapat
menampung sampai 255 karakter yang terdiri huruf,angka,dan simbil grafik
|
Long
Text
|
Untuk
Menempatkan text panjang atau kombinasi text dan angka
|
Dapat
menampung sampai 63.999 karakter.
|
Number
|
Data
numerik yang digunakan dalam perhitungan matematis.
|
Umumnya
terdiri dari 1,2,4,dan 8 bytes data. Khusus untuk jenis replication ID
mempunyai 16 bytes data.
|
Date Time
|
Untuk
menerima data tanggal dan waktu serta nilai tahun yang di mulai dari tahun
100 sampai 9999
|
Secara
default berukuran 8 bytes
|
Tipe
|
Keterangan
|
Ukuran
|
Currency
|
Nilai
mata uang dan data numerik yang digunakan dalam perhitungan matematis yang
mellibatkan data dengan 1 sampai 4 tempat desimal.
|
Secara
default berukuran 8 bytes akurat sampai 15 digit disisi kirim pemisah desimal
dan 4 digit di sisi kanan
|
Autonumber
|
Digunakan
untuk menampilkan nomor secara otomatis berupa data angka yang dimula dari
angka 1 dengan nilai sellisi 1
|
Secara
default berukaran 4 bytes
|
Yes/No
|
Untuk
menempatkan 1 data dari 2 nilai.
|
Secara
default berukaran 1 bytes
|
OLE
Object
|
Digunakan
untuk menerima data berupa grafik,spread sheet, foto digital, rekaman suara
atau video yang dapat di ambil dari program lain
|
Sampai
dengan 1 gigabyte (dibatasi oleh ruang disk yang tersedia).
|
Hyperlink
|
Tesk atau kombinasi text dan nomor yang di
simpan sebagai text dan digunakan sebagai alamat hyperlink URL
|
Setiap
bagian dari tipe data hyperlink dapat berisi hingga 2.048 karakter
|
Attackmen
|
Setiap
jenis file yang di dukung seperti gambar spredsheet,dokumen,grafik,dan file
lain
|
|
Lookup
wizard
|
Untuk
memillih sebuah nilai dari tabe lain atau list box atau combo box
|
Ukuran
sama dengan field primary key (kunci utama) yang digunakan untuk melakukan
pencairan, yaitu biasanya 4 bytes
|
Tipe
|
Keterangan
|
Desimal
|
Ukuran
|
Byte
|
Memberikan Bilangan Integer dari angka 0 sampai 255 ( Tidak
Untuk Pecahan).
|
None
|
1 byte
|
Decimal
|
Memberikan nilai dari -10^38-1 through
10^38-1(.adp) -10^28-1
through 10^28-1 (.mdb,.accdb).
|
28
|
2 bytes
|
Integer
|
Memberikan nilai integer -32.768 ke 32.767 (tidak ada
pecahan).
|
None
|
2 bytes
|
Long Integer
|
Memberikan nillai integer dari 2147483648 ke 2147483647
(tidak ada pecahan).
|
None
|
4 bytes
|
Single
|
Memberikan nilai bilangan nyata yang dimulai dari
-3.402823e28 ke 1.401298E-45 untuk nilai negatif, dan dari 1.401298E-45 Ke
3.402823e38 untuk nilai postif.
|
7
|
4 bytes
|
Tipe
|
Keterangan
|
Decimal
|
Ukuran
|
Double
|
Memberikan nilai bilangan nyata yang dimulai dari
-1.79769313486231E308 ke 4.94065645841247E-324 untuk nilai negatif, dan dari
4.94065625841247E-324 ke 1.79769313486231E308 untuk nilai positif.
|
15
|
8 bytes
|
Replication ID
|
Globally Unique Identifier ( GUID )
|
N/A
|
16 bytes
|
2.membuat tabel baru
Setiap membuat data
base baru, secara otomatis Microsoft Access
akan menampilkan satu objek tabel yang masih kosong. Untuk membuat tabel
mengunakan atau tidak mengunakan objek dapat dilakukan dengan mengunakan
datasheet view dan design view..untuk membuat tabel dengan menentukan atau
mengatur struktur tabel terlebih dahulu baru memasukkan data
Untuk membuat tabel baru terlebih dahulu tutup jendela tabel
yang ada dengan menekan x tombol
close dibagian pojok kanan atas area kerja tabel.selanjutnya,anda
Dapat membuat tabel baru dengan meliputi tahapan tahapan
berikut:
-
Melalui
ribbon,pilih create dan pada group tables klik tombol table .jendela tabel baru
yang masih kosong akan ditampilkan seperti tabel saat pertama kali membuat data
base baru.selanjutnya,anda dapat membentuk tabel baru dengan menggunakan datasheet view atau design
view
1.MEMBUAT TABEL BARU MENGGUNAKAN DATASHEET VIEW
Tampil awal jendela database baru
yang telah di sediakan objek tabel sebenarnya sudah dalam tampilan datasheet
view. Datasheet view merupakan tampilan area kerja yang digunakan untuk
memasukkan data terlebih dahulu sebelum menentukan jenis datanya. Area kerja
tampilan datasheet view kurang lebih seperti gambar di bawaah ini.
Gambar:
Untuk membuat tabel dan masukkan data
pada tampilan datasheet view dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
1.dari tampilan datasheet
view,masukkan data pada kolom kedua dibawah kolom”click to add”
Gambar:
2.setelah memasukkan data,klik click
to add untuk menambah kolom baru disebelah kanan
kolom yang sudah dimasukkan data
Gambar:
Sebagai contoh,perhatikan gambar
dibawah ini untuk membuat tabel nama keluarga
Gambar:
3.setelah semua data dimasukkan,anda
dapat mengubah nama tabel perkolom yang secara default akan diberi nama
“field1”,”field2” dan seterusnya.
Gambar:
4.langkah selanjutnya adalah
menyimpan tabel dengan mengklik tombol perintah view >> field>>view (gambar).pada kotak dialog yang
tampil,ketikkan TAKELUARGA pada
tabel Name lalu tekan OK.
Gambar:
5.setelah menyimpan tabelm
tersebut,anda telah berhasil membuat sebuah tabel dengan nama TAKELUARGA
2. MEMBUAT TABEL BARU MENGGUNAKAN DESIGN
VIEW
Membuat tabel baru menggunakan design
view berarti menentukan terlebih dahulu struktur tabel,setelah itu baru memasukan
datanya
Gambar:
Untuk membuat tabel baru menggunakan
design view dapat dilakukan sebagai berikut:
1. Pada tampilan awal saat membuat
database baru,ubah tampilan datasheet view menjadi design view dengan tombol design view pada ribbon
2. Pada kotak dialog “save as” isikan nama (gambar) tabel
pada table name kemudian pilih
tombol OK.lihat gambar@!
3. Setelah menyimpan tabel baru,atur
struktur tabel pada bagian-bagian dibawah ini.
-
Field name,digunakan untuk menempatkan nama
field yang akan dibuat.
-
Data type,digunakan untuk menentukan type data
pada masing-masing field
-
Description,digunakan untuk memberikan keterangan
masing-masing field yang ada pada tabel.
4.untuk mempermudah pembuatan tabel
design view,lakukan pengisian struktur tabel.
Tabel TKAT
field
|
tipe data
|
Ukuran field
|
Keterangan
|
IDKAT
|
Short text
|
6
|
ID KATEGORI
|
NAMKAT
|
Short text
|
35
|
NAMA KATEGORI
|
KETKAT
|
Short text
|
40
|
KETERANGAN KATEGORI
|
Gambar:
Setelah
mengisi semua ketentuan pada design view, simpan kembali design tabel dengan
menggunakan salah satu tombol perintah penyimpanan.
3.PEMASANGAN PRIMARY KEY
Pemasangan primery
key sangat di perlukan pada tabel sebab primery key merupakan field indeks
utama atau field kunci pengurutan atau pemanggilan data pada tabel. Saat
pertama kali membuat tabel, default-nya database acces akan memberikan primary
key yang terpasang pada field ID.
Anda dapat mengubah
dan menentukan primary key sendiri pada salah satu field pada tabel. Untuk
membuat primary key sendiri dapat di lakukan dengan langkah-langkah berikut:
1.
Aktifkan tabel andah pada tampilan desain view dan
pilihlah field yang akan di jadikan primary key
2. Setelah menentukan
field yang akan di jadikan primary key, pilih tombol perintah primary di grup
tools pada tab desingn
GAMBAR.
3. Pada bagian
terpilih dari baris field yang di gunakan sebagai primary key akan terdapat
icon primery key yang berbentuk kunci.
GAMBAR.
4. Untuk melepas
primary key pada field dapat di lakukan dengan menonaktifkan tombol perintah
primary key melalui ribbon seperti langka kedua.
4.MENYIMPAN
TABEL
Di awal pembuatan data base baru, di
sajikan suatu objek tabel yang di gunakan dalam membuat struktur tabel. Setelah
membuat struktur tabel tentu anda ingin menyimpan hasilnya. Untuk menyimpan
database pada acces dapat di lakukan dengan salah satu dari empat cara di bawah
ini.
-
Menekan icon save pada Quick acces, dan pada kotak
dialog save as ketikkan nama tabel yang di inginkan
-
Anda juga dapat menyimpan tabel dengan mengklik kanan
judul tabel kemudian pilih save.
GAMBAR
-
Menyimpan tabel pada database acces juga dapat di
lalukan dengan mengubah tampilan kerja dari tampilan datasheet view ke tampilan
desing view
-
Juga dapat di lakukan dengan memilih tab file pada
ribbon kemudian pilih save.
GAMBAR
5.MENYIMPAN
TABEL DENGAN NAMA BARU
Dalam
pembuatan dan pengaturan tabel, terkadang tidak lepas dari kesalahan dalam
menuliskan nama tabel. Ingin mengubah namatabel dengan nama lain? Atau ingin
membuat tabel dengan nama baru dengan struktur tabel yang sama? Untuk melakukan
semuah itu dapat di lakukan dengan mengikuti langka-langka berikut:
1. Sebelum
mengubah nama tabel, sebaiknya tutup terlebih tabel yang akan di ubah namanya
jika tabel tersebuat aktif { terbuka}.
2. Klik kanan
pada tabel yang ada di navigation pane dan pilih rename
GAMBAR
3.
hapus nama tabel yang ada dan gantikan dengan nama yang
baru tabel, kemudian tekan enter melalui keyboard untuk menerapkannya
GAMBAR
6.menutup tabel
Apabilah tabel yang dibuat sebelumnya
telah sesuai dan di simpan, biasanya tabel tersebut ingin di tutup untuk
melanjutkan pembuatan tabel baru, atau ingin mengakhiri pekerjaan tabel. Untuk
menutup tabel dapat di lakukan dengan salah satu dari dua cara di bawah ini.
-
Klik
kanan judul tabel dan pilih close untuk menutup tabel.
-
Klik
icon close yang berada di pojok kanan atas layar kerja tabel anda
GAMBAR
7.membuka tabel
7.MEMBUKA TABEL
Tabel yang sudah di
tutup dapat di buka kembali untuk melakukan pengaturan berupa modifikasi tabel,
input, hapus atau mengupdate data tertentu sesuai keperluan. Untuk membuka
tabel yang sudah di tutup dapat dilakukan dari duah caradi bawh ini.
-
Klik
kanan pada judul tabel yang ada di navigation pane, kemudian pilih open untuk
membuka tabel.
-
Juga
dapat di lakukan dengan mengklik ganda judul tabel yang ada navigation pane.
GAMBAR
Budidayakan berkomentar yang baik dan sopan tanpa mengganggu atau menyinggung orang lain. Terima kasih