BAGIAN-BAGIAN PADA AREA KERJA MICROSOFT ACCESS 2013

BAGIAN-BAGIAN PADA AREA KERJA MICROSOFT ACCESS 2013
 
1.    Tab File
     Pada tab file, Terdapat Pilihan yang ada didalamnya meliputi operasi file dan pilihan pengaturan pada access. pilihan pada tab file terdiri dari :

  

1.    Info
Pada sub-menu info terdapat dua pilihan,yaitu Compact & Repair yang berfungsi untuk mengecilkan ukuran file dan memperbaiki kerusakan file,dan Encrypt With Password yang berfungsi untuk melindungi file dengan  password dan mengenkripsi data.
2.    New
Untuk membuat file dat base baru.pada menu ini tersedia pilihan untuk membuat database kosong atau data base dari template.
3.    Open
Digunakan untuk membuka file yang pernah dibuat sebelumnya yang tersimpan di komputer atau media penyimpanan lainnya.
4.    Save
Seve digunakan untuk menyimpan perubahan,tergantung dari objek yang sedang aktif atau sedang kita buka,baik table,from,query,report,macro,maupun module.
5.    Save As
Save As digunakan untuk menyimpan objek yang aktif atau objek yang dipilih ke format yang sama atau format yang berbeda dari objek aslinya,misalnya objek table bisa disimpan ke format Table,Query,From,atau Report.
6.    Print
Untuk mencetak objek yang aktif atau objek yang sedang kita buka.
7.    Close
Untuk menutup file Microsoft Acces dan berhenti bekerja dengan aplikasi Microsoft Acces.
8.    Account
Account berfungsi untuk mengatur tema pada office.Masuk ke akun office,dan disitu terdapat informasi mengenai status aktif tidaknya office yang anda gunakan serta informasi tentang Microsoft Acces.
9.    Options
Untuk menampilkan Acces Options
2.    Tab Home
Pada tab home terdapat 6 grup antara lain:


1.    Views
Pada grup Views hanya ada satu ikon,yaitu View.Ikon View terdiri dari 4 pilihan,yaitu Datasheet View,pivotTable View,pivotChart View dan Design View.
2.    Clipboard
Pada grup clipboard terdapat fasilitas untuk operasi clipboard,yaitu cut,copy,Format painter dan paste.
3.    Sort & Filter
Pada grup ini kita dapat menggunakan fasilitas untuk mengurutkan dan memfilter data yang ada di table atau query atau from yang sedang dibuka.
4.    Records
Pada grup ini tersedia tombol-tombol untuk operasi Records pada table atau query,di antaranya Refresh All, New, Delete, Save, Spelling, dan tombol more yang berisi pilihan Row Height, Hide Fields, Unhide Fields, Freeze Fields, Unfreeze Fields, Dan Fields Width.
5.    Find
Pada grup ini tersedia tombol pilihan Find, Replace, Go To dan select.
6.    Text Formatting
Pada grup ini kita dapat mengubah Font, Font Zise, Font Color, Alignment, Bold, Italic, Underline, Background Color, Gridlines dan Cell Effect.
3.    Tab Create
 Pada tab Create terdapat 6 grup antara lain:


1.    Templates
Grup ini berisi pilihan untuk membuat form dari template
Yang di sediakan Microsoft Access.
2.    Tables
Pada grup ini terdapat 3 ikon, yaitu:
a.    Table, yaitu membuat tabel baru dengan cara langsung mengisi data.
b.    Table design,yaitu untuk membuat tabel dengan menentukan bidang-bidangnya terlebih dahulu sebelum memasukkan data kedalam tabel
c.    Share Point Lists, yaitu untuk berbagi (share) data ke server sharePoint.
3.    Queries
Pada grup ini terdapatdua pilihan,yaitu :
a.    Query Wizard, yaitu untuk membuat query menggunakan wizard atau langkah-langkah yang di pandu oleh microsoft access
b.    Query  desing,yaitu untuk membuat query secara manual tanpa menggunakan wizer.
4.     Form
Pada grup ini terdapat 6 pilihan,yaitu :
a.    Form, yaitu untuk membuat form secara otomatis dan langsung ke mode form view.Jika kita memili tabel dan mengklik tombol/icon ini,maka secara otomatis microsoft access akan membuat form sesuai isi field pada tabel
b.    Form design, yaitu untuk membuat form secara manual dan langsung ke mode design view.
c.    Blank form,yaitu untuk membuat form kosong  dalam mode form view.
d.    Form wizard,yaitu untuk membuat form dengan langkah-langkah yang di pandu oleh microsoft access
e.    Navigation,yaitu untuk membuat navigation form.
f.    More form,yaitu untuk membuat multiple item form,datasheet , split form,modal dialoog, pivotchart,atau pivotchart table.
5.    Reports
Pada grup ini terdapat 5 pilihan, yaitu:
a.    Report, digunakan untuk membuat laporan secara langsung dari objek tabel atau query yang dipilih.
b.    Report Design, digunakan untuk mendesain laporan secara manual.
c.    Blank Report, digunakan untuk membuat laporan kosong untuk dapat digunakan sesuai laporan yang kita inginkan.
d.    Report Wizard, digunakan untuk membuat laporan dengan cara dipandu oleh Microsoft Access melalui langkah-langkah dari memulai memilih sumber data sampai dengan tampilan laporan akhir.
e.    Labels, digunakan untuk membuat label dari data label atau data query.
6.    Macrus dan Code
Pada grup ini terdapat 4 pilihan, yaitu:

a.    Macro, digunakan untuk membuat macro.

b.    Module, digunakan untuk membuat module.

c.    Class Module, untuk membuat Class Module.

d.    Visual Basic, untuk membuat kode fisual basic.
4.     Tab External Data
Pada Tab External Data hanya terdapat 3 grup, yaitu:





1.    Import dan Link
Pada grup terdapat 8 pilihan, yaitu:

a.    Saved Impors adalah untuk mengimpor data dari proses import data yang sebelumnya pernah di lakukan.

b.    Linked Table Mananger adalah untuk me-refresh tabel link.

c.    Excel adalah untuk mengimport data atau menghubungkan data ke tabel datadi Excel.

d.    Access adalah untuk mengimpor data ( baik objek table, form, query, macro, maupun module dari file access lain ) dan untuk menghubungkan tabel data dari file access.

e.    ODBC Database adalah untuk mengimpor data dari database lain ( misalnya SQL Server ) atau untuk menghubungkan tabel ke databese lain ( SQL Server ).

f.    Text File adalah untuk mengimpor data dari file text. Proses import bisa ke tabel baru atau di tambahkan ke tabel yang sudah ada di access. Bisa juga menghubungkan tabel file ke text.

g.    XML File  adalah untuk mengimpor data dari file XML ke tabel baru atau access.

h.    More adalah untuk mengimpot atau menghubungkan data ke beberapa sumber, di antaranya adalah SharPoint List, Data Service, HTML Document, Outlook Folder, dan Database file.
2.    EXPORT
Pada group ini terdapat 9 pilihan,yaitu:

a.    Save exports adalah untuk mengesport data yang telah disimpan dengan langkah yang pernah dilakukan sebelumnya

b.    Excel adalah untuk mengespor data dari table atau query ke file excel

c.    Tex file adalah untuk mengespor data dari tabel atau query ke file text

d.    XML file adalah untuk mengespor data dari tabel atau query ke file XML

f.    PDF or XPS adalah untuk mengespor data dari tabel atau query ke file PDF atau XPS

g.    E-mail adalah untuk mengirim data dari tabel atau query dalam bentuk lampiran (attachment) melalui E-mail dengan format pilihan exce,text,PDF atau XPS

g.    ACCES  adalah untuk mengespor data dari tabel atau query ke file acces lain

h.    Word merge adalah fasilitas untuk membuat mail marge dengan microsoft word

i.    More adalah pilihan untuk mengespor data ke file word,sharepoint list,ODBC misalnya ke SQL Server,fromat HTML,dan BASE file.
3.    Collect Data
 Pada grup ini terdapat 2 pilihan, yaitu :
y.    Create E-mail Adalah fasilitas untuk menyiaokan from yang dikirim lewat e-mail untuk diisi oleh pengguna lain.
z.    Manager Raplace adalah fasilitas untuk mengelolah e-mail balasan.
5.    Tab Database Tools
Pada tab ini terdapat 6 grup, yaitu:

  
1.    Tools
Pada Group hanya terdapat satu pilihan, yaitu compact and repair database
2.    Macro
Pada group ini terdapat 2 pilihan, yaitu visual basic dan run macro.
3.    Relationships
Pada group relationships terdapat 2 pilihan, yaitu :

a.    Relationships,digunakan untuk menghubungkan beberapa tabel.

b.    Object dependecies,  digunakan untuk menunjukkan objek-objek dalam database yang menggunakan objek terpilih
4.    Analyze
Pada group ini terdapat 3 pilihan untuk operasi analyze,yaitu database documenter, analyze perfomance,dan alnalyze table
5.    Move Data
Pada group move data hanya terdapat pilihan access database dan sharepoint
6.    Add-ins
Pada group ini hanya terdapat 1 pilihan, yaitu add-ins.
Dari Pengenalan bagian-bagian di atas, terdapat bagian-bagian yang sering digunakan saat membuat database atau aplikasi menggunakan microsoft access. Bagian-bagian penting tersebut adalah :

a.    Tabel, merupakan bagian dari microsoft access yang berisi database keseluruhan dari tiap kategori. Tabel terdiri dari beberapa kolom yang disebut field

b.    Query, merupakan bagian dari microsoft yang dapat digunakan untuk menampilkan field-field terntu dari beberapa table. Field dari beberapa tabel tersebut kemudian dibuat menjadi tabel baru.

c.    Form, merupakan bagian dari microsoft access yang digunakan dalam proses pengimputan data ketabel/database.

d.    Report, merupakan bagian dari microsoft access yang dapat digunakan dalam proses pelaporan database yang dapat dicetak (print).


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Budidayakan berkomentar yang baik dan sopan tanpa mengganggu atau menyinggung orang lain. Terima kasih